Geowisata

Beberapa situs dalam wilayah MJGP telah dikembangkan sebagai tujuan wisata, untuk mensosialisasikan program perlindungan situs dan meningkatkan nilai ekonomi lokal melalui geowisata. Secara umum, destinasi wisata yang populer didasarkan pada atraksi alam dan budaya, seperti Fosil Daun Muara Karing, Hutan Adat Rantau Kermas, Gua Kristal Tiangko dan Danau Pauh.

Destinasi geowisata juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti tempat parkir, toilet, warung makan, dan di beberapa lokasi, tempat ibadah, dll. Destinasi yang dilengkapi dengan kegiatan outbond dan pemandu bersertifikat termasuk geosite yang terkait dengan wisata minat khusus seperti arung jeram , hiking dan gua vertikal.

  1. Arung Jeram Batang Merangin

Merupakan daya tarik utama ketika berkunjung di Geopark Merangin Jambi, dengan rute ± 13, 8 Km dengan waktu tempuh ± 3 jam, dengan melalui grid jeram sampai skala 4. Sembari melihat keindahan Sungai Batang Merangin yang di hiasi oleh batuan dan fosil yang berumur Permian Awal (300 Juta Tahun Yang lalu). Dengan melalui situs geologi utama yang mengambil titik permulaan di Geosite Granitoid Air Batu, lalu Geosite Fosil Kayu Teluk Gedang, Fosil Daun Muara Karing dan berakhir di Geosite Konglomerat Formasi Teluk Wang.
kontak yang bisa dihubungi untuk melihat destinnasi geowisata ini  Facebook Air Batu River dan Rafting dua sahabat

 

  1. Hiking Hutan Adat Rantau Kermas.

Sambil menikmati alam pegunungan, dan panorama morfologi bukit barisan, pengamatan flora dan satwa . Dengan menikmati Hutan khas Sumatera yang lembab yang memiliki keanekaragaman flora dan fauna, berada di Desa Rantau Kermas yang  dengan berjalan kaki ± 1 km dengan waktu tempuh ± 20 kita sudah berada di Jantung Hutan adat ini . Komitmen baik dalam menjaga kelestarian dan pengelolaan kawasan hutan, sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan mencegah bahaya longsor, air sungai yang stabil sepanjang  tahun yang bersumber dari hutan adat menjadi sumber energi listrik.

 

  1. Pendakian Gunung Masurai

Pendakian Gunung Masurai dapat dilakukan melalui jalur Desa Sungai Lalang dengan waktu tempuh ± 8 jam. Dimana menuju titik camping di Danau Kawah Kumbang. 

 

  1. Tubing Sungai Mengkarang

Kegiatan tubing dilakukan di aliran sungai mengkarang di Geosite Fosil Brakhiopoda Mengkarang dengan ajrak tempuh ± 13 Km dengan waktu tempuh lebih kurang ± 3 jam. Sembari menikmati keindahan sungai dengan ornamen batuan yang berumur Permian Awal (300 juta tahun yang lalu) serta Fosil kerang- kerangan seperti Brakhiopoda, Krinoid dan Ammonite.