Paparkan Keunggulan Merangin Jambi UGGp, Eko Ajak Warga Desa Tuo Jaga Situs Warisan Dunia

SHARE

Desa Tuo Merangin, 09 Agustus 2023

Dalam upaya menyatukan persepsi semua unsur dalam penanggulangan bencana. Bahwa hal ini menjadi tanggung jawab bersama, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Merangin mengadakan pelatihan dan mitigasi pencegahan bencana.

Pentingnya hal ini dilaksanakan, selain memberikan edukasi kepada warga masyarakat melalui peserta pelatihan, kegiatan ini juga merupakan permintaan dari badan dunia UNESCO agar dilaksanakan pelatihan demi menjaga ekosistem alam.

Ini tidak terlepas dari sudah diakuinya Geopark Merangin Jambi oleh UNESCO pada 24 Mei 2023 yang lalu pada sidang Dewan Konsil UGGp di Paris. Untuk diketahui, Geopark yang kita miliki, terdiri dari beragam situs Geologi, bernilai internasional dengan formasi fosil yang utuh dan lengkap dan juga bernilai nasional.

Disampaikan oleh Eko Wahyudi, Pemateri dari BP Merangin Jambi UGGp, Merangin dengan 21 situs Geologi yang dimiliki saat ini telah menjadi milik dunia.

Pentingnya pelatihan ini untuk menumbuhkan kesadaran menjaga lingkungan. "Dengan masuknya Geopark ini, kita bisa menjaga sisa-sisa hutan yang tinggal sedikit di wilayah kita," terang Eko kepada peserta pelatihan.

Ditambahkan olehnya, kegiatan yang ada pada Geopark ini bukan kegiatan wisata saja, tapi banyak lagi yang lainnya, seperti pelestarian lingkungan, peningkatan pertanian, pelestarian budaya.

"Geopark itu bukan dibangun pemerintah, namun dibangun oleh kelompok masyarakat yang peduli dengan semua situs-situs yang dimiliki," lanjut Eko.

"Kegiatan ini menjadi salah satu upaya yang diminta oleh tim dari UNESCO agar dilakukan pelatihan ini demi menjaga ekosistem alam,"

Dewan Konsul akan kembali menilai 4 tahun kedepan, apakah kita berhasil melakukan menjalankan program untuk menjaga alam.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.