Nalo Gedang, NTT - Merangin, 11 Agustus 2023

SHARE


MJUGGp - Geopark Merangin Jambi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kabupaten Merangin melakukan sosisalisasi Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana di Desa Nalo Gedang Kecamatan Nalo Tantan Kabupaten Merangin.

Pelatihan ini menjadi penting karena masyarakat perlu diberikan edukasi sejak dini bagaimana warga masyarakat bisa bertindak cepat saat terjadi bencana alam.

"Pelatihan pencegahan bencana diperlukan sebagai upaya tindakan awal dalam mencegah bencana yang bisa saja terjadi,
kita besok akan memberikan edukasi tentang tatacara penanggulangan bencana", tegas Saripuddin selaku perwakilan BPPD Kabupaten Merangin.

Terkait dengan sumber daya alam yang harus dilestarikan untuk meningkatkan menjaga Kelestarian Alam serta dan keseimbangan ekosistem.

Selain dari BPBD, materi pelatihan juga disampaikan dari Merangin Jambi UNESCO Global Geopark (MJUGGp) dengan nara sumber Eko Wahyudi. Eko menegaskan kepada peserta akan pentingnya pengetahuan tata cara mengelola dan menjaga sumber daya alam. "Bebatuan Merangin ini Sudah Cukup Tua, jadi masyarakat perlu mengetahui tata cara mengelola dan menjaga sumber daya alamnya karena sudah berumur 300 juta tahun.

"Apalagi Terdapat Air Terjun Sungai Tantan dan Goa Petekun yang proses pembatuan stalaktit & Stalakmitnya masih aktif sampai sekarang, dan juga Goa Petekun yang belum banyak diketahui orang luar," tegas Eko.

Untuk diketahui, Goa Petekun yang proses karbonisasinya masih berjalan hinggi saat ini, yang tersusun oleh batugamping. Serta terdapatnya Air Terjun di Sungai Tantan menambah keragaman geologi di Kawasan ini. Sehingga sangat penting mengelola alam dengan bijak demi generasi yang akan datang.

Dengan pengelolaan dan penjagaan sumber daya yang baik, masyarakat bisa meningkatkan perekonomiannya melalui "Program Pengembangan Ekonomi Kreatif"
yang pernah diseminarkan Dinas Parpora yang kembali disampaikan Kadis Sukoso, SSTP.

"Masyarakat Harus mampu berfikir kreativ demi meningkatkan perekonomian mereka, kita dinas Pariwisata akan terus membimbing masyarakat" terang Kadis.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.