Desa ke-tiga lokasi Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana

SHARE

Desa Tiangko Kec. Sungai Manau
Senin, 07 Agustus 2023. 

Pada desa ke-tiga lokasi Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana yang dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan bencana Daerah Kab. Merangin  BP Merangin Jambi UNESCO Global Geopark yang diwakili oleh Sekretaris BP kembali menjadi narasumber. 

Kegiatan dilaksanakan di aula kantor Desa Tiangko Kec. Sungai Manau dan dihadiri oleh kepala desa, perangkat desa dan peserta calon relawan tangguh bencana sebanyak 30 orang. BP Geopark Merangin Jambi menyampaikan materi terkait sinergitas dengan berbagai pihak dalam upaya mendorong kemajuan semua situs, termasuk yang ada di Desa Tiangko yaitu Goa Tiangko dan Sengering.

BP Geopark Merangin Jambi dalam beragam aktifitasnya berupaya mendorong terbangunnya infrastruktur yang mantap menuju lokasi situs dan pemasangan rambu-rambu kesiapsiagaan dan lokasi rawan bencana. Melalui kegiatan pelatihan diharapkan upaya-upaya preventif pencegahan dan mitigasi (pengurangan resiko) pada saat terjadinya bencana bisa disebarkan oleh relawan kepada seluruh lapisan masyarakat. Sehingga apabila kemungkinan terburuk terjadi bencana, maka upaya penyelamatan dan penanganan bisa mudah serta cepat dilaksanakan. 

Badan Pengelola Geopark Merangin Jambi sebagai salah elemen yang siap bersinergi bersama BPBD. Karena tiga pilar utama Geopark yaitu konservasi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat. Berkaitan erat dengan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. Sehingga diharapkan bisa meminimalisir aktifitas masyarakat, terutama dalam bertani dan berkebun melalui pola membuka lahan dengan cara membakar bisa dikurangi ataupun membuka lahan perkebunan pada lokasi yang masuk ke dalam kawasan hutan negara, sekitar karst, sempadan sungai dan rawan longsor.

Berdasarkan hasil diskusi, terhadap harapan besar dari masyarakat agar potensi jasa wisata lingkungan/geowisata dari kawasan karst dan goa di Desa Tiangko bisa dikembangkan secara maksimal. Diawali dengan adanya kejelasan batas antara Areal Penggunaan Lain (APL) dengan kawasan hutan. Terkait hal tersebut, Badan Pengelola akan berkoordinasi dengan UPTD KPHP Merangin sebagai perwakilan dari Dinas Kehutanan Provinsi Jambi yang mempunyai wewenang dalam mengelola kawasan hutan produksi. 

Geopark Merangin Jambi akan terus berkolaborasi dengan para pihak terkait berupaya secara konsisten untuk mengedukasi masyarakat, untuk bersama-sama menjaga warisan geologi berupa bentang karst yang ada di Desa Tiangko melalui perwujudan penyediaan paket geowisata (susur goa) dan produksi komoditas ekonomi kreatif lokal.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.